Tutorial Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

 Ria FM Solo,  23-05-2017 17:14:17

  

WhatsApp Image 2017-05-23 at 17.06.38

Lagu Indonesia Raya tidak hanya dipahami serta dimaknai sebagai lagu wajib semata, alhasil kedudukan serta posisinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kurang lebih hanya menjadi element musikal pada upacara upacara resmi pemerintah. Ruh serta untaian makna dari setiap alunan nadanya perlahan-lahan mulai hilang, mengingat  derasnya gelombang globalisasi, identitas  serta jalinan ikatan yang di miliki anak bangsa perlahan mulai luntur.

Setelah sebelumnya menggelar acara “Merayakan Indonesia Raya” pada 30 Oktober tahun 2016, maka 18-20 Mei 2017 Kementrian Pendidikan Kebudayaan, melalui Direktorat Jendral Kebudayaan merekam ulang lagu Indonesia Raya di Studio Lokananta Solo.

Tidak seragamnya notasi dan standar yang digunakan menjadikan struktur lagu Indonesia Raya berubah-ubah.
Sebagai identik bangsa, lagu kebangsaan mutlak memiliki aturan baku terkait dengan struktur. Di sisi lain faktor historis yang melatar belakangi tidak dapat ditafsirkan begitu saja.

Keberadaan rekaman 3 Stanza Indonesia Raya versi Josef Kleber serta submaster rekaman tek Proklamasi 17 Agustus yang di simpan Lokananta menjadi mata rantai sekaligus jembatan untuk kembali melacak jejak sejarah lagu kebangsaan Indonesia Raya. Posisi Lokananta sebagai Perusahaan rekaman pertama milik pemerintah menjadi bukti bahwa spirit serta semangat yang diusung tidak jauh berbeda dengan pendahulunya.

Reporter  : Rike

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN