Presiden Jokowi Resmikan Museum Keris Nusantara, Satu-Satunya Di Dunia.

 Ria FM Solo,  09-08-2017 18:13:26

  

Presiden RI, Joko Widodo saat memotong untaian melati sebagai simbol dibukanya Museum Keris Nusantara, pada Rabu 9/9/2017. (riafmsolo.com/Adrian Amurwonegoro)

Laporan Reporter, Adrian Amurwonegoro

SOLO – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan Museum Keris Nusantara, pada Rabu (9/8/2017) siang.

Presiden Jokowi tiba di Museum Keris sekitar pukul 12.00 WIB setelah menghadiri beberapa agenda kunjungan kerja lainnya di Kota Solo.

Peresmian Museum Keris Nusanyara ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi dan pemotongan untaian melati.

Setelah itu, Jokowi bersama sang isteri, Iriana Jokowi, yang juga didampingi oleh Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo berkeliling meninjau museum.

Saat ditemui wartawan usai meninjau museum keris, Jokowi berpesan kepada masyarakat supaya rajin mengunjungi museum keris, supaya masyarakat lebih mengetahui filosofi-filosofi yang terkandung didalam keris, terlebih keris Indonesia sudah dikukuhkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO pada tahun 2005.

“nanti coba masuk ke sini, melihat filosofi yang terkandung di dalam setiap keris yang dibuat oleh Mpu keris kita dan menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan merawat nilai-nilai tradisi” kata Jokowi

Selain itu Jokowi akan menghibahkan sebagaian koleksi keris miliknya untuk Museum Keris Nusantara, Solo.

“nanti saya antar langsung ke pak wali kota, nanti saya kirim 5 koleksi keris” tutur Presiden.

Sementara itu Wali Kota Solo, FX. Hadi Rudyatmo dalam sambutannya mengatakan bahwa Museum Keris Nusantara dibangun di atas lahan seluas 6986 meter persegi. Museum Keris menyimpan sebanyak 409 koleksi keris dan 38 Tosan Aji dari seluruh Nusantara.

Museum Keris Nusantara terdiri dari lima lantai, yakni mulai dari paling bawah ada basement yang digunakan untuk parkir motor, kemudian lantai pertama digunakan untuk pelayanan administrasi dan tersedia tiga ruang audio visual, lantai dua ada perpustakaan, lantai tiga digunakan untuk diorama dan ruang pameran, lantai empat paling atas merupakan ruang pameran keris utama yang diisi keris-keris yang memiliki pamor dan tosan aji.

(*) Informasi selengkapnya, simak reportase di bawah ini

Editor : Adrian Amurwonegoro

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN