Seperti Ini Suasana Detik-Detik Jelang Peresmian Museum Keris.

 Ria FM Solo,  09-08-2017 22:53:49

  

Keris master piece yang diarak dari Loji Gandrung tiba di Museum Keris, Jl. Bhayangkara, Sriwedari, Solo, Rabu 9/8/2017. (riafmsolo.com/Adrian Amurwonegoro)

Laporan Reporter. Adrian Amurwonegoro

SOLO – Prosesi peresmian Museum Keris Nusantara diawali dengan kirab pusaka keris dari Loji Gandrung menuju Museum Keris Nusantara, di Jalan Bhayangkara No.2, Sriwedari, Solo, pada Rabu (9/8/2017)

Puluhan peserta kirab berjalan kaki berbanjar membawa keris master piece, sebanyak tiga bergodo/barisan yang terdiri dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Tim Kurator Keris dan Jaga Tirta.

Keris master piece adalah keris yang dianggap memiliki pamor tinggi, keris yang terpilih untuk dikirab adalah keris berjuluk Ki Tengara, memiliki Luk 5 yang melambangkan pancasila, dengan pamor wengkon yang berarti melindungi.

Setibanya di Museum, Keris Ki Tengara ini kemudian diserahkan kepada Wali Kota Solo, FX. Hadi Rudyatmo sebagai simbol prosesi kirab bahwa keris yang dihibahkan oleh masyarakat telah diterima oleh Pemkot Solo untuk dijadikan koleksi di Museum Keris Nusantara.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Wali Kota tiba lebih dahulu di Museum Keris pada pukul 10.30 WIB bersama Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Solo, tampak hadir pula seluruh jajaran Muspida Kota Surakarta.

Jajaran karangan bunga ucapan selamat pun juga terpampang di depan Museum selain itu penjagaan keamanan cukup ketat kepada setiap tamu yang memasuki museum, di luar museum masyarakat antusias menunggu kehadiran Presiden Joko Widodo.

Kebersihan halaman Museum Keris pun sangat diperhatikan oleh Paspampres, seperti daun yang gugur di halaman ataupun puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Sementara itu, demi kelancaran prosesi peresmian Museum Keris, Satlantas kota Surakarta bersama Dishub Kota Surakarta melakukan manajemen rekayasa lalu lintas dengan menutup jalan Bhayangkara depan Museum Keris pada saat dtik-detik Presiden Jokowi tiba di Museum Keris.

Sebelum meresmikan Museum Keris Nuantara, Presiden Jokowi diagendakan membuka Simposium Internasional Asosiasi MK se-Asia di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

(*) Informasi selengkapnya, simak reportase di bawah ini

Editor : Adrian Amurwonegoro

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN