Pemkot Solo Berikan Anggaran Kirab Malam 1 Sura Kepada Keraton Solo

 Ria FM Solo,  21-09-2017 18:01:34

  

Wali Kota Solo, FX. Hadi Rudyatmo saat sambutan dalam penyerahan bantuan program CSR RTLH di Kampung Purwoprajan RW.29 Kelurahan Jebres, Senin 18/9/2017 pagi. (riafmsolo.com/Adrian Amurwonegoro)

Laporan Reporter, Adrian Amurwonegoro

Raja Keraton Solo, Paku Buwono (PB) XIII telah menetapkan waktu pelaksanaan Kirab Malam 1 Sura Keraton Kasunanan Surakarta, hal tersebut disampaikan oleh adik PB XIII, KGPH Benowo, yang mengatakan “kirab Malam 1 Sura akan berlangsung pada Kamis 21 September 2017 malam mulai pukul 23.00 WIB” katanya dalam jumpa pers 18/9/2017 siang di Sasono putro, Kompleks Keraton Solo.

Sementara itu, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana memberikan anggaran untuk penyelenggaraan kegiatan kirab Malam 1 Sura, yang merupakan salah satu event budaya tahunan Kota Surakarta, Namun, Rudy berpesan penggunaan anggaran tersebut supaya dipertanggungjawabkan seperti seharusnya oleh pihak keraton.

“anggaran yang menerima harus Sinuhun (PB XIII), biar semua dikelola oleh sana” kata Rudy

Adapun dana yang diserahkan kepada Keraton Solo tersebut merupakan sisa dana hibah jumenngan atau peringatan naik tahta raja PB XIII dari kementerian pariwisata dan sumbangan pribadi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebesar Rp. 144,1 Juta, pada 22 April 2017 lalu.

“dari pemkot dan sisa, semua diserahkan dan dikelola oleh sana, kita nggak mau ngurangi satu persen pun” tegasnya

Selain itu, Keraton Kasunanan Surakarta pada Kirab Malam 1 Sura, berencana akan mengeluarkan 20 pusaka yang akan dikirab bersama iring-iringan ribuan abdi dalem bersama tujuh kerbau bule keturunan Kyai Slamet.

Sebagai tambahan informasi, terkait rute kirab pusaka peringatan Malam 1 Sura tidak ada yang berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni dimulai dari Kori Kamandungan Lor melalui Supit Urang Barat- Alun-alun utara – Gladag – Simpang 4 Telkom, Jalan Mayor Kusmanto menuju Jalan Kapten Mulyadi – Simpang 4 Baturono –  Gading, Jalan Veteran – Simpang 4 Gemblegan – Simpang 4 Nonongan dan kembali ke Jalan Slamet Riyadi – Gladag – Supit Urang Timur – berakhir di Kori Kamandungan Keraton Solo.

(*) Informasi selengkapnya, simak reportase di bawah ini

Editor : Adrian Amurwonegoro

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN

order dopoxetine buy cheap paxil Online order cheap paxil Online pharmacy